Menu

Monday, October 17, 2016

Being 20 (almost)

In a few days I'll be 20, insyaAllah.

Kesadaran ini muncul tadi pagi, ketika bajuku jadi mengecil/?. Jadi, begini ...

Hari ini, 17 Okt 2016 adalah hari ulang tahun kotaku Tasikmalaya. Untuk memperingatinya, semua karyawan di tempat kerjaku diharuskan mengenakan baju batik.

Pagi-pagi sekali aku menyiapkan baju batik yang sangat jarang ku pakai, jadi ada sedikit rasa antusias untuk memakainya lagi. Tapi saat ku coba, ternyata bajunya jadi kekecilan. Padahal sekitar 7 bulan yang lalu saat pertama ku beli, baju itu masih cukup di badanku. Sekarang bukannya tidak muat, hanya saja bajunya jadi kependekan. Kalau bahasa sundanya itu disebut "Jantrut".

Dengan nada kecewa, ku keluhkan ini pada mamah. Ku bilang karena jarang dipakai, bajunya menciut jadi pendek. Tapi mamah bilang, tidak ada istilahnya baju menciut, mungkin badanku yang bertambah tinggi. Mamah juga bilang "Sudah setinggi ini, teteh(aku) mau setinggi apa lagi?"
Eh, aku merenungkan kata-kata mamah. Tapi di usia segini apa mungkin tinggi badanku masih bertambah?
Ku tinggalkan batik yang tadinya membuatku antusias itu, ku pakai saja batik yang lain.

Sesampainya di tempat kerja, ku ceritakan tentang batikku yang menciut itu pada teman sekerjaku. Tapi ia juga bilang, bukan batiknya, tapi tinggi badanku yang berubah. Ku tanyakan memangnya di usia segini tinggi badanku masih bisa bertambah? Dijawabnya "Lia kan belum 20 tahun, jadi masih bisa bertumbuh." Lontarnya.
Dan lagi aku merenungkan jawaban temanku yang ini. Bukan masalah tinggi badannya, tapi masalah usia. 20 tahun.

In a few days I'll be 20 years old, insyaAllah.
Ini 20. Sejak dulu aku selalu penasaran bagaimana rasanya menjadi 20 tahun. Pasalnya tidak akan ada lagi angka 1, tapi angka 2 yang menjadi digit pertama di penulisan usiaku nantinya.
Sesederhana itu, tapi membuatku benar-benar penasaran of being 20.

No comments:

Post a Comment